Enam Santri Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Wakili MQK ke III Tingkat Provinsi

Banda Aceh – Jelang  Hari Santri Nasional (HSN) 2023, Panitia melaksanakan sejumlah tahapan seleksi, ada Seleksi  Qiraatil Kutub  (SQK) ke III  Tingkat Kabupaten, Kemudian Pelaksanaan Training Center (TC ) 5 – 7 Juni  di hotel Madinatul Zahra,  Batoh, Banda Aceh. Dan Seleksi Tingkat Provinsi pada MQK ke III yang akan diadakan di Hotel Grand Aceh Syariah Lamdom, 21 -24 Juni 2023 mendatang.

Setelah seleksi tingkat provinsi ini, peserta terbaik akan mewakili Aceh pada bulan juli 2023 di Musabaqah  Qiraatil Kutub- Nasional (MQK-N) 2023 di Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur.

“Setelah training pembekalan, dewan hakim dan pembimbing MQK kabupaten Aceh Besar, menetapkan sepuluh santri yang layak menjadi duta kabupaten Aceh Besar di perhelatan MQK tingkat provinsi Aceh.” Terang Tgk Mustafa Husen Woyla, Wakil Pimpinan Bidang Humas dan Kerjsama di dayah setempat, Kamis, 8 Juni 2023.

Di antara sepuluh santri terpilih, 6 orang dari Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee, Siem, Darussalam, Aceh Besar. Sementara 4 orang lagi, Dayah Ulee Titi 2 orang, Dayah Darul Mubarakah 1 orang dan dayah Madani 1 orang.

Alhamdulillah  santri Dayah Darul Ihsan mendominasi di hasil seleksi TC kali ini, setelah sebelumnya mendominasi kejuaraan di seleksi MQK tingkat kabupaten Aceh Besar beberapa waktu lalu.

Adapun nama santri dan cabang yang diwakili sebagai berikut;

“1. T. Khairul Ihsan, Cabang Nahwu Putra, 2. Hazira Ulfa, Cabang Tauhid Putri 3. Ebrizal Muhidi, Cabang Tafsir Putra, 4. Rahmatul Husna, Cabang Tafsir Putri, 5. Jabran Abdul Jabbar, Cabang Akhlak Putra, 6. Nasywa Alfataya, Cabang Akhlak Putri.” Tambah Tgk Mustafa Woyla

Tgk  H Musannnif Sanusi, ketua yayasan Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mengharumkan nama dayah.

Tentu ini berkat kerja keras semua guru dan pembimbing serta semua pihak yang telah ambil andil dalam agenda besar aneuk meudagang ini.

Alhamdulillah kita ada guru senior, di antaranya, ada Dr. Tgk H Muakhir Zakaria, MA, Syekh Edi Syuhada, S.S, Tgk Salahuddin. Lc, MA, Tgk. Muhammad Akmal, M. Ag, Tgk Muchlis, S.H dan panitia rangkap pembimbing aktif, Tgk Zulfan, S.Pd.

Juga pembimbing putri dari para ada ustadzah senior, ada ustadzah Puspa Rahmadayani, Lc, ustadzah Raudhah Marzuki. MA dan Ustadzah Kana Rahmi, S.Pd.I, Juga Ustadzah Mutia Ulfa, S.Pd.I dan Ustzh. Hj Zubaidah Barhan, Lc, Ustzh. Aurora Wisly, S.Th dan ustadzah Nia Safira yang dari bagian esktrakurikuler.

“Harapan kita, jangan cepat puas, bulan depan sampai MQK N di helat harus siap sudia agar tampil maksimal.” Pungkas H Musannif [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *